Bagi Banyak Orang dengan Kecemasan, Perawatan Diri Saja Tidak Berfungsi

Apakah itu masih #selfcare, jika itu hanya membuat segalanya lebih buruk?


Beberapa bulan yang lalu, saya memutuskan untuk membuat beberapa perubahan dalam hidup saya untuk mengatasi masalah saya dengan kecemasan.

Saya mengatakan kepada suami saya bahwa saya akan melakukan satu hal setiap hari hanya untuk diri saya sendiri. Saya menyebutnya perawatan diri yang radikal, dan saya merasa sangat baik tentang hal itu. Saya punya dua anak kecil dan tidak punya banyak waktu untuk diri sendiri, jadi ide melakukan satu hal hanya untuk saya, setiap hari, pasti terasa radikal.

Saya melompat dengan kedua kaki, bersikeras berjalan-jalan atau menghabiskan waktu melakukan yoga atau bahkan hanya duduk sendirian di beranda untuk membaca buku setiap hari. Tidak ada yang ekstrim, tidak ada Instagrammable.

Hanya 20 menit tenang setiap hari ...

Dan pada akhir minggu pertama, saya mendapati diri saya duduk di kamar mandi sambil menangis dan gemetaran dan hiperventilasi - mengalami serangan kecemasan penuh - karena sudah waktunya untuk "perawatan diri radikal."

Tak perlu dikatakan, itu bukan hasil yang saya harapkan. Itu hanya seharusnya berjalan, tetapi itu membuat saya berputar dan saya tidak bisa melakukannya.

    Bagi banyak orang dengan gangguan kecemasan, "perawatan diri" semacam ini tidak berfungsi.

Perawatan diri adalah momen

Hari-hari ini, perawatan diri disebut-sebut sebagai balsem untuk segala sesuatu yang membuat Anda sakit: dari stres dan insomnia, sampai ke penyakit fisik kronis, atau penyakit mental seperti OCD dan depresi. Di suatu tempat, seseorang mengatakan bahwa perawatan diri adalah apa yang Anda butuhkan untuk merasa lebih baik.

Dan dalam banyak kasus, itu benar.

Beristirahat dan melakukan sesuatu yang baik untuk diri sendiri adalah baik untuk Anda. Perawatan diri bisa menjadi balsem. Tetapi itu tidak selalu.

Terkadang, melakukan sesuatu untuk diri sendiri justru membuatnya semakin buruk, terutama jika Anda hidup dengan gangguan kecemasan.

Sekitar 20 persen orang dewasa AS hidup dengan semacam gangguan kecemasan, menjadikannya penyakit mental paling umum di Amerika Serikat. Begitu banyak orang merasa cemas, dan begitu banyak orang akhirnya berbicara tentang kecemasan, itu - setidaknya bagi saya - rasanya stigma mulai terangkat sedikit.

Dan dengan keterbukaan dan penerimaan itu, muncul saran yang menentukan yang sering kita lihat untuk mengisi umpan berita kita - mulai dari artikel kesehatan yang selalu ada hingga meme yang sehat, yang kebanyakan melibatkan semacam penegasan sebagai perawatan diri.

    Perawatan diri adalah fetishised dan telah menjadi instagrammable
    - Dr. Perpetua Neo

Bagi banyak orang dengan gangguan kecemasan, perjalanan ke spa, tidur siang, atau satu jam orang yang menonton di taman mungkin adalah sesuatu yang benar-benar ingin mereka lakukan - atau merasa seperti yang seharusnya mereka lakukan. Mereka mencoba karena mereka pikir mereka seharusnya, atau itu akan membantu mereka mengendalikan pikiran mereka dan berhenti mengkhawatirkan segalanya.

Tetapi itu tidak membantu mereka merasa lebih baik. Itu tidak menghentikan pusing kecemasan, kecemasan, dan stres. Itu tidak membantu mereka fokus atau tenang.

Bagi banyak orang dengan gangguan kecemasan, "perawatan diri" semacam ini tidak berfungsi.

Menurut ahli terapi California, Melinda Haynes, “Meluangkan waktu untuk mengelola dosis perawatan diri yang sehat dapat memicu perasaan bersalah (saya seharusnya bekerja / membersihkan / menghabiskan lebih banyak waktu bersama anak-anak saya), atau membangkitkan perasaan yang tidak terselesaikan yang berkaitan dengan diri sendiri. layak (saya tidak pantas menerima ini atau saya tidak cukup baik untuk ini). "

Dan ini cukup banyak menghancurkan gagasan perawatan diri yang membantu - itu memindahkannya ke dalam kategori pemicu.

    Jangan biarkan apa yang tidak dapat Anda lakukan mengganggu apa yang dapat Anda lakukan
    - Debbie Schneider, anggota komunitas Facebook Healthline

Haynes menjelaskan bahwa orang yang hidup dengan kecemasan “biasanya tidak dapat mengalami kesederhanaan atau kedamaian‘ hanya diri sendiri. ’Ada terlalu banyak hal yang harus dilakukan dan bagaimana jika membanjiri pikiran dan tubuh pada saat tertentu. Mengambil waktu dari kesibukan hidup hanya menyoroti ketidakberesan ini ... karenanya, rasa bersalah atau harga diri yang rendah. ”
#selfcare #loession

Dalam kehidupan kita yang semakin terhubung, platform media sosial seperti Facebook dan Instagram menjadi sangat penting. Kami menggunakannya untuk bekerja, untuk tetap berhubungan dengan teman dan keluarga, untuk berbelanja, untuk mempelajari hal-hal baru. Tetapi kami juga menggunakannya untuk menunjukkan kepada dunia apa yang kami rencanakan. Kami mendokumentasikan dan hashtag segalanya, bahkan perawatan diri kami.

Terutama perawatan diri kita.

“Perawatan diri adalah fetishised dan telah menjadi instagrammable,” Dr. Perpetua Neo menjelaskan. "Orang-orang mengira ada kotak centang untuk dicentang, standar untuk perawatan, namun mereka tidak mengerti mengapa mereka melakukan apa yang mereka lakukan."

"Jika Anda menemukan diri terobsesi pada 'cara yang benar' untuk merawat diri sendiri, dan merasa seperti sampah secara konsisten setelah itu, maka itu adalah pertanda besar untuk berhenti," tambahnya.

Kita bahkan dapat mencari di media sosial kita untuk melihat apa yang orang lain lakukan untuk merawat diri mereka sendiri - hashtags berlimpah.
#selflove #selfcare #wellness #wellbeing

Kelsey Latimer, dari Center for Discovery di Florida, menunjukkan bahwa "perawatan diri kemungkinan besar tidak akan dikaitkan dengan memposting ke media sosial kecuali itu adalah posting spontan, karena perawatan diri difokuskan pada saat ini dan menyetel tekanan sosial. ”

Dan tekanan sosial di sekitar kesehatan sangat banyak.

    Perawatan diri Anda tidak harus terlihat seperti milik orang lain.

Industri kebugaran telah menciptakan ruang untuk meningkatkan kesehatan mental, ya, tetapi itu juga berubah menjadi cara lain untuk menjadi sempurna - "seperti itu mudah untuk memiliki pola makan yang sempurna, tubuh yang sempurna, dan ya - bahkan rutin perawatan diri yang sempurna."

Latimer menjelaskan: "Ini sendiri membawa kita keluar dari proses perawatan diri dan masuk ke zona tekanan."

Jika Anda sangat ingin mengembangkan praktik perawatan diri, tetapi tidak tahu cara membuatnya bekerja untuk Anda, diskusikan dengan profesional kesehatan mental dan bekerja sama untuk membuat rencana yang membantu bukannya merugikan.

Jika menonton TV, tonton TV. Jika itu mandi, mandi. Jika itu menghirup latte unicorn, lakukan satu jam yoga panas, lalu duduk untuk sesi reiki, lakukan. Perawatan diri Anda adalah bisnis Anda.

Eksperimen saya dalam perawatan diri yang radikal berkembang seiring waktu. Saya berhenti mencoba melakukan perawatan diri, saya berhenti mendorongnya. Saya berhenti melakukan apa yang dikatakan orang lain seharusnya membuat saya merasa lebih baik dan mulai melakukan apa yang saya tahu membuat saya merasa lebih baik.

Perawatan diri Anda tidak harus terlihat seperti milik orang lain. Tidak perlu memiliki tagar. Itu hanya perlu menjadi apa pun yang membuat Anda merasa baik.

Jaga dirimu, bahkan jika itu berarti melewatkan semua lonceng dan peluit dan tidak membuat diri Anda stres. Karena itu juga perawatan diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar