Saat Ibu Saya Punya Kanker

Sebagai seorang wanita berusia pertengahan 20-an, yang tidak berurusan dengan kematian atau penyakit keluarga besar, diagnosis kanker payudara ibu saya membuat saya tertidur.

Pada bulan November 2015, ketidaknyamanan yang mengganggu di payudaranya membuat ibu saya akhirnya menjadwalkan mammogram yang telah ditunda selama satu tahun, karena tidak memiliki asuransi kesehatan. Mamogram abnormalnya berubah menjadi diagnosis kanker Natal. Operasi lumpektomi dijadwalkan untuk tahun baru.

Dokter-dokternya menunjukkan prognosis yang meyakinkan: operasi akan menanganinya, dan hanya ada sedikit kemungkinan dia akan membutuhkan radiasi. Pada saat itu, kemoterapi tidak disebut sebagai pilihan. Tetapi pada akhirnya, ibu saya akhirnya menyelesaikan empat putaran kemo, enam minggu radiasi, dan diresepkan rejimen pil penghambat hormon selama lima tahun untuk mengurangi kambuhnya kanker.

Untungnya, ayah tiriku bisa menjadi pengasuh utamanya. Saya dapat mengambil manfaat dari kebijakan cuti keluarga kerja saya, mengemudi empat jam dari Bay Area ke Nevada Utara setiap bulan untuk membantu selama perawatan pasca perawatan kemoterapi yang kelelahan dan menyakitkan.

Selama empat bulan, saya mencoba meringankan beban sehari-hari dengan membantu tugas, mengemudi ke kunjungan dokter, dan menjaga ibu saya tetap nyaman. Saya juga membaca cetak halus asuransi kesehatan dan mengoleskan kulitnya yang bersisik dalam krim anti-gatal setiap kali dia mendapat reaksi alergi terhadap obat kemoterapi.

Tak lama setelah diagnosis ibu saya, saya berbagi berita dengan teman saya Jen, yang ibunya meninggal karena kanker 20 tahun lalu. Saya menjelaskan jenis kanker yang dia alami - agresif, tetapi bisa diobati - dan pengobatannya.

Jen bertemu penjelasan soal-soal saya dengan empati yang tulus. Dia tahu apa yang saya lakukan, dan dengan lembut menyambut saya ke dalam kerutan kain kehidupan yang tidak pernah diinginkan oleh kami berdua. Saya terhibur mengetahui dia telah berada di tempat saya sebelumnya.

Namun, karena berada dalam pergolakan semua itu, saya tidak dapat membiarkan diri saya menjadi cukup rentan untuk menerima sarannya. Sebagian dari diri saya takut bahwa membuka - bahkan sedikit - akan menyebabkan emosi saya berputar dengan cara yang saya tidak bisa kendalikan, dan tidak siap untuk menghadapi pada saat itu. Jadi saya menolak.

Tapi melihat ke belakang, saya menyadari dia memberi saya tiga nasihat hebat yang saya harap telah saya ambil:
1. Dapatkan bantuan untuk diri sendiri, dari awal

Pengasuhan adalah peran yang menantang, indah, dan rumit secara emosional dalam kehidupan orang yang dicintai. Ini bisa menjadi pekerjaan praktis, seperti membeli bahan makanan atau membersihkan rumah. Di lain waktu, itu membuka es loli buah untuk mencegah panas, atau mengingatkan mereka bahwa mereka sedang menjalani pengobatan kemoterapi, untuk mencegah keputusasaan mereka.

Menjadi seorang anak dewasa yang merawat orang tua membalikkan hubungan kita dan mengungkapkan, untuk pertama kalinya dalam hidupku, kemanusiaan yang absolut dari ibuku.

Berbicara melalui perasaan Anda dengan seorang profesional di lingkungan yang mendukung, pada awal perjalanan, memungkinkan Anda untuk segera mulai memproses trauma dan kesedihan. Alih-alih alternatif: membiarkannya dibangun dari waktu ke waktu menjadi sesuatu yang Anda merasa tidak siap untuk ditangani.

Itu adalah sesuatu yang sangat saya harapkan telah saya lakukan.
2. Pastikan Anda juga peduli

Merawat orang yang dicintai yang mengalami penyakit serius dapat memengaruhi Anda, tidak hanya secara emosional, tetapi juga secara fisik. Stres dan kekhawatiran yang saya alami selama diagnosis ibu saya menyebabkan tidur terganggu, perut yang terus-menerus sakit, dan nafsu makan berkurang. Ini membuat mendukung dan merawat ibu saya lebih sulit daripada yang seharusnya.

Memprioritaskan kesejahteraan Anda dengan hal-hal sederhana, seperti memastikan Anda terhidrasi, makan teratur, dan mengatasi stres Anda, memastikan Anda dapat terus merawat orang yang Anda cintai dengan cara yang dapat dikelola.
3. Temukan dukungan di pengasuh lainnya

Ada banyak sumber daya online dan langsung yang memfasilitasi hubungan dengan pengasuh lainnya, seperti Family Caregiver Alliance. Pengasuh lainnya, baik dulu maupun sekarang, memahami pengalaman unik ini lebih dari yang dapat dilakukan oleh sebagian besar teman atau kolega.

Saya tidak pernah sepenuhnya mengeksplorasi opsi-opsi ini karena saya khawatir pengasuhan akan menjadi bagian dari identitas saya. Dalam pikiran saya, itu berarti harus menghadapi realitas situasi. Dan kedalaman ketakutan dan kesedihan saya.

Saya seharusnya menggunakan teman saya Jen sebagai sumber daya dalam kapasitas ini. Dia sangat mendukung selama waktu itu, tetapi saya hanya bisa membayangkan betapa jauh lebih baik yang akan saya rasakan jika saya berbagi sejauh mana yang saya alami, pengasuh hingga pengasuh.
Ambil saranku

Ibu saya menyelesaikan perawatan pada Oktober 2016, dan efek samping dari obat hormonnya telah stabil. Kami merasa sangat beruntung ada dan membangun kembali di zona bebas kanker ini, perlahan-lahan kembali ke keadaan normal.

Saya akan selalu memilih untuk berada di sana untuk ibu saya - tidak ada pertanyaan. Tetapi jika hal seperti ini pernah terjadi lagi, saya akan melakukan sesuatu yang berbeda.

Saya akan melakukannya dengan fokus untuk mengekspresikan perasaan saya secara terbuka, menjaga pikiran dan tubuh saya, dan berhubungan dengan orang lain yang sangat memahami tantangan dan kehormatan pengasuhan untuk seseorang yang Anda cintai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar